Senin, 06 Agustus 2012

Ternyata 0facebook Banyak Manfaatnya..


Bismillah
          Segala puji bagi Allah Rabb semesta alam dan shalawat serta salam semoga tercurah kepada nabi kita Muhammad.

          Alhamdulillah saya termasuk salah satu pengguna 0facebook, saya menggunakan 0facebook sudah dua bulan lebih, saya menggunakan 0facebook itu dilatarbelakangi karena keinginan saya untuk terus berdakwah menyebarkan ayat-ayat Allah, hadits-hadits Rasulullah Shallallaahu Alaihi wa Salam dan juga perkataan para ulama. Dahulu saya alhamdulillah berdakwah menyebarkan itu semua lewat hp, saya membuka layanan sms dakwah gratis, namun ketika awal Juni ’12 dengan seizin Allah kebijakan mengenai sms gratis ini dibatasi, menjadi 20 ke operator lain dan sisanya ke sesama operator, ketika itu peserta sms dakwah gratis tersebut mencapai lebih dari 150 orang dan setiap satu orang biasanya panjang smsnya mencapai 2 sms, jadi bila dihitung-hitung per hari mengirimkan 300-an lebih sms kepada para penerima sms dakwah gratis dan semoga apa yang telah daku lakukan dibalas oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala dan bisa terus disebarkan, namun ketika ada kebijakan tersebut tentu dakwah melalui sms berhenti dikarenakan bonus yang sudah semakin berkurang dan akan memakan biaya besar. Lalu ketika itu saya bingung dan tidak tahu harus bagaimana supaya tetap berdakwah, apakah saya harus pakai fb di netbook ? Kalau pakai facebook tentu tidak bisa setiap hari karena tidak setiap hari saya punya kesempatan untuk membuka netbook dikarenakan aktivitas yang saya lakukan, lalu saya terus berpikir dan akhirnya Allah memberikan jalan keluar yaitu menggunakan 0facebook. Sungguh dalam hal ini saya bisa mengambil pelajaran bahwa bila kita bertakwa insyaAllah akan ada jalan keluar. Saya mencoba menggunakan 0facebook, awalnya saya diajari adik saya – semoga Allah memberikan pahala kepadanya- untuk membuka 0facebook dan log ini di 0facebook, ternyata mudah, hanya menulis email dan memasukkan pasword, lalu setelah itu saya pun diajari bagaimana cara nulis status di 0facebook, bagaimana log out, dan lain-lain, dan dari mulai itulah hp yang tadi saya rasa tidak ada manfaatnya lagi karena bonus sms sudah berkurang menjadi ada manfaatnya lagi dengan seizin Allah.


          Ketika awal-awal saya menggunakan 0facebook, saya begitu sukanya, saya tulis-tulis banyak status, apakah itu dari alHadits, alQuran, atau sumber-sumber lainnya, yang jelas kerana ketagihan jadi tak bisa berhenti. Ketika belajar untuk mempersiapkan ujian, tetap saja teringat 0 facebook, sehingga ketika belajar otak harus terbagi dua untuk memfokuskan, yaitu terfokus pada persiapan ujian dan terfokus pada 0facebook.

          Selang beberapa hari saya merasakan manfaat dari 0facebook, salah satunya adalah bisa menimba dan menambah ilmu agama, karena Alhamdulillah friend-friend saya dan group-group yang saya ikuti kebanyakannya adalah mengenai agama Islam, ketika sedang BT terhadap permasalahan hidup, ketika otak sedang tegang, hati gusar gelisah, bukalah oleh daku 0facebook, ketika itu nampaklah status-status yang berisi ilmu-ilmu agama, daku baca, dan daku Alhamdulillaah bertambah ilmunya. Jadi fungsi 0facebook yang paling saya suka adalah fungsi untuk menuntut ilmu agama, ketika sedang di perjalanan jauh saya tak perlu membawa banyak kitab-kitab ulama, cukup membawa satu hp dan melihat status kawan-kawan saya yang berisi ilmu-ilmu agama, selain dibaca statusnya pula dipahami jua, dan terlebih penting adalah diamalkan serta disebarkan ilmunya supaya mendapat pahala yang terus melimpah.

          Nah, ini sedikit saya beri tahu group-group fb mana yang berisi ilmu-ilmu agama, silakan join saja, insyaAllah diconfirm.
          a. Salaf on facebook                 : http://www.facebook.com/groups/salafiyun/
 b. Al-Firqah an-Najiyah           : http://www.facebook.com/groups/273645369410140/
     c. Kembali Kepada alQuran dan asSunnah Sesuai Pemahaman Salafussholeh :     http://www.facebook.com/groups/164801720249559/
                 Nah dari ketiga group tadi group salaf on facebook lah yang biasa saya kunjungi, namun bukan berarti group lain tidak bagus, namun yang saya sering lihat notifcation di 0facebook adalah post-an di group salaf on facebook...
             Jadi terakhir kata, saya nasehatkan kepada diri saya dan juga pembaca sekalian untuk memanfaatkan fasilitas 0 facebook ini dengan sebenar-benarnya seperti untuk menuntut ilmu agama dan untuk hal-hal bermanfaat lainnya. Wallaahua’lam bis Shawab.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar