Sabtu, 04 Agustus 2012

Antara Semangat dan Cemungudh


Bismillah
            Terkadang ada orang yang menasehati kita dengan ucapan SEMANGAT dan ada pula yang menasehati kita dengan ucapan Cemungudh, sebenarnya apa bedanya antara Semangat dan Cemungudh ? Mari kita simak pembahasan yang insyaAllah berguna berikut ini :

a. Semangat dan Cemungudh berbeda dalam penulisan huruf-hurufnya, dimana kata Semangat diawali dengan huruf S dan di akhiri dengan huruf T sedangkan kata Cemungudh diawali dengan huruf C dan diakhiri dengan huruf H.  Lalu perbedaan selanjutnya adalah pada huruf vokal, kata Semangat berhuruf vokal A dan kata Cemungudh berhuruf vokal U, nah itu perbedaan pertama.

b. Semangat berasal dari bahasa Indonesia formal dan Cemungudh bukan dari bahasa formal atau hanya bahasa Slank yang digunakan sehari-hari.

c. Kata semangat masih banyak digunakan oleh orang-orang tua, mahasiswa, dan lembaga-lembaga penyemangat, karena jarang sekali acara-acara motivasi memakai kata Cemungudh untuk menyemangat audiencenya. Kata Cemungudh atau biasa ditulis Cemungut itu digunakan berdasarkan pengalaman saya pada saat mau ujian nasional, banyak teman-teman saya yang berkata, “ cemungut ya...cemungut...”

d. Hendaknya antara yang menggunakan kata Semangat menghargai yang menggunakan kata Cemungudh, itu hanya masalah perbedaan tulisan belaka, jangan sampai berpecah belah, itu cuman masalah cabang, yang penting sama bahasa Indonesia. Namun terkadang kata Cemungudh harus dibuang ketika menyemangati orang yang lebih tua untuk menjaga kesopanan dan akhlak yang mulia.

e. Hendaknya bagi yang menggunakan kata Cemungudh dan dianggap Alaiy oleh kawan-kawannya, hendaknya menjaga kehormatan dirinya dengan mengganti kata Cemungudh menjadi Semangat karena menjaga kehormatan diri lebih penting daripada sekedar masalah bahasa Indonesia non-formal.

f. Dari segi makna memang tidak ada perbedaan antara kata Semangat dan Cemungudh, namun dari segi feel atau rasa, antara Semangat dan Cemungudh ada perbedaan. Coba kita tarik contoh, semisal di medan Jihad seorang panglima jihad berkata, “ Semangat...... ayo  pasukanku semangatlah meraih pahala dari Allah”  maka akan terasa di hati bahwa itu adalah perkataan yang tegas dan serius, namun bila panglima jihad berkata, “ Cemungudh....ayo pasukanku cemungudh lah untuk meraih pahala dari Allah.” Maka akan terasa di hati bahwa panglima itu mungkin sedikit banci, agak alaiy, bersikap kekanak-kanakan, dan manja serta tiga tegas. Maka itu hendaknya dalam medan-medan penting seperti medan jihad, dakwah, dan sebagainya pakailah kata Semangat, karena itu lebih tegas.

Nah itu beberapa perbedaan antara kata Semangat dan Cemungudh, semoga bermanfaat dan ingat bulan Ramadhan tinggal 2 minggu lagi, Semangatlah beribadah dan gapai pahala melimpah, sekian dari saya, mohon maaf bila ada kesalahan, Wallaahua’lam bis Shawab..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar